Azulgrana Barcelona Indonesia

Azulgrana Barcelona Indonesia
Los Cules

Selasa, 15 Mei 2012

Contoh Laporan PKL atau KP


DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan……………………………………………………..      i
Lembar Persetujuan……………………………………………………..      ii
Kata Pengantar…………………………………………………………..     iii
Daftar Isi…………………………………………………………………     iv

BAB I PENDAHULUAN………………………………………………..   1
1.1  Latar Belakang……………………………………………….     1
1.2   Rumusan Masalah…………………………………………….   2
1.3  Manfaat dan Tujuan Kerja Praktek…………………………..     2
1.4  Batasan Masalah……………………………………………..     2
1.5  Metode Laporan PKL………………………………………..     3
1.6  Sistematika Laporan………………………………………….    3

BAB II PROFIL PERUSAHAN………………………………………….  5
            2.1 Sejarah Perusahaan…………………………………………..     5
            2.2 Tujuan Berdirinya Perusahaan ………………………………     6
            2.3 Struktur Organisasi CV. Mecca Jaya Makmur………………     7

BAB III LANDASAN TEORI…………………………………………….  8
            3.1 Troubleshooting Komputer …………………………………..    8
            3.1.1 Power Led …………………………………………..15
            3.1.2 Sistem Power ………………………………………  19
            3.1.3 Hardware …………………………………………..  21
                     
BAB IV HASIL KERJA PRAKTEK…………………………………….  3
            4.1   Deskripsi Praktek Yang Dikerjakan ……………….............32
                  4.2 Pengamatan Hasil Kerja Praktek………………………….  39
  
BAB V PENUTUP………………………………………………………..  40
            5.1 Kesimpulan……………………………………………………   49
            5.2 Saran…………………………………………………………..   41

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….  42

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG PENULISAN LAPORAN PKL
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu bentuk kegiatan belajar di luar kampus, hal tersebut digunakan untuk memperoleh pengalaman kerja dan menambah ilmu pengetahuan sesuai propesi dunia kerja, dengan Praktek Kerja Lapangan maka mahasiswa mampu memecahkan masalah yang di dapatkan di industri melalui kegiatan PKL. PKL merupakan salah satu syarat untuk kelulusan program DIII teknik komputer di Fakultas Tehnik Islam Bekasi.Dengan mengikuti kegiatan kerja praktek Mahasiswa akan mampu mengetahui berbagai teknologi khususnya perangkat komputer baik secara softwere maupun hardwere.
Pelaksanaan PKL ini memuat tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing PKL di perusahaan. Sehingga dengan PKL akan memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dalam menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus. Penulisan laporan ini disusun sebagai suatu pendeskripsian hal-hal yang dikerjakan selama melakukan kegiatan praktek kerja lapangan di CV.APA AJA BOLEH. Pelaksanaan kerja praktek ditempuh selama 250 jam atau kurang lebih selama 33hari di perusahaan tersebut .
1.2        RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dalam penulisan laporan PKL meliputi :
1.      Tugas yang diberikan selama melakukan PKL beserta deskripsi tugas di
CV. APA AJA BOLEH
2.      Memberikan penjelasan dari hasil pengamatan selama melakukan PKL di
3.       CV. APA AJA BOLEH
1.3        TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN LAPORAN PKL
Untuk memberikan pengalaman kerja di lembaga perusahaan (CV. APA AJA BOLEH.) serta sebagai suatu sarana untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang teknologi informasi sehingga bermanfaat bagi penulis,selain itu juga untuk sebagai salah satu syarat untuk kelulusan program D III teknik komputer universitas islam.
1.4        BATASAN MASALAH
Dalam penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan ini penulis membatasi masalah hanya meliputi tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing PKL di perusahaan CV. APA AJA BOLEH yaitu “troubleshooting komputer serta pemeliharaan komputer”.
1.5    METODE LAPORAN PKL
Metode laporan PKL ini dengan melakukan survey langsung ke perusahaan  tersebut dengan mengumpulkan data-data yang di perlukan untuk penulisan laporan ini dengan melaksanakan kerja di lembaga perusahaan tersebut.
1.6    SISTEMATIKA LAPORAN PKL
Sistematika laporan PKL disusun secara rinci sebagai berikut :
BAB I                PENDAHULUAN
BAB II               PROFIL PERUSAHAAN
BAB III             LANDASAN TEORI
BAB IV             HASIL PRAKTEK KERJA
BAB V               PENUTUP


2.2              TUJUAN  BERDIRINYA PERUSAHAAN

3.1    TROUBLESHOOTING KOMPUTER
Bunyi beep
Keterangan
Beep satu kali
Normal.
Beep dua kali
Pemasalahan pada kartu memory PC
Beep tiga kali
Permasalahan pada kartu memory atau periksa kartu grafis.
Beep empat kali
Bunyi sebanyak itu pemasalahan nya hampir sama dengan bunyi beep dua kali dan tiga kali, atau masalah bisa juga pada timer PC yang berfungsi kurang baik.
Beep lima kali
Permasalahan terjadi pada kartu memory periksa apakah memory sudah benar terpasang pada slot nya jika masih berbunyi di mungkinkan permasalahan ada pada prosesor.
Beep enam kali
Permasalahan terjadi pada chipset di mainboard
Beep tujuh kali
Permasalahan terjadi pada prosesor yang tidak bekerja dengan normal
Beep delapan kali
Permasalahan terjadi pada kartu grafis pastikan kartu grafis terpasang dengan benar pada port nya
Beep sembilan kali
Permasalahan ada pada bios yang tidak normal
Beep sepuluh kali
Permasalahan ada pada CMOS yang tidak normal dan sebaiknya di ganti
Solusi:
1. Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
Gejala:
Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya. Silahkan anda periksa masalah tersebut.
Berikut Pesan kesalahan BIOS:
Berikut Pesan kesalahan BIOS:
[AWARD BIOS] Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.
Batrey CMOS Rusak / Lemah
Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya? Solusi: Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.Gejala: Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidakbegitulambat.
Solusi:
C. Power Led Menyala, Tetapi Tidak Ada Sistem Yang Terdeteksi.
              Jika lampu power menyala, tetapi terdengar bunyi dua kali atau lebih bunyi "beep" maka masalahnya adalah tidak adanya sinyal video didalam PC anda.
Apabila masalah itu yang terjadi maka solusinya adalah periksa terlebih dahulu video card anda. Masalah satu ini bisa menyebabkan komputer menjadi hang dan menghentikan proses loading ke sistem operasi. Pastikan bahwa video card anda dan tertancap dengan benar. Bunyi beep adalah sinyal yang dikirimkan oleh PC tatkala melewati proses POST (Power On Test Self). Karakteristik bunyi pada proses ini berbeda antara sistem PC yang satu dengan yang lain, tergantung dari tipe BIOS yang digunakan.
Apabila masalah tersebut yang terjadi, tindakan yang harus diambil adalah periksa apakah memori anda bekerja dengan baik dan tertancap secara benar. Tidak ada sebab lain kecuali bersumber dari komponen memori ini. Namun, belakangan ada beberapa motherboard yang tidak memunculkan bunyi beep ini, sehingga kita harus memeriksanya lebih teliti melalui tampilan yang ada di layar. Periksa munculnya tampilan pembacaan memori di layar monitor sesaat setelah PC kita nyalakan.
Solusi untuk masalah tersebut adalah lepaskan semua card, tambahan yang tidak digunakan kecuali menyalakan sistem PC, buang semua driver yang tidak diperlukan, lalu setelah semua driver dibuang dibersihkan, restart PC anda. curigai aplikasi softwarenya bila semua cara sudah anda tempuh tetapi masalah tetap muncul.
Solusinya periksa sambungan kabel indikator yang dihubungkan ke motherboard,. Petunjuknya biasanya terdapat pada buku manual motherboard. Ada beberapa lampu indikator yang biasanya ada ada di panel depan, yakni lampu Indikator power, lampu indikator IDE, dan lampu indikator floppy.
Solusinya adalah perbaiki sirkulasi udara. Bila terlampau rapat (lubang udara terlampau sedikit), buat lubang baru dengan melubangi menggunakan bor. Bila memungkinkan, tambahkan kipas pendingin didalamnya, atau letakkan kipas pendingin berbentuk drive yang bisa dipasang pada bay 5 ¼ inci.
Solusinya kencangkan panel penutup depan casing sehingga terkunci sempurna. Bila diperlukan, anda bisa memanjangkan tombol switch power sehingga switch bisa terhubung sempurna dengan switch didalam kerangka casing ketika tombol di panel depan ditekan.
Solusinya karena kabel heater ini terdiri dari tiga macam (merah, hijau, biru) kita dapat melihat kerusakannya pada warna yang akan muncul. Akan tetapi, kabel ini tidak dapat diganti kecuali anda mengganti tabung katodanya sama selaki. Bila kabel ini rusak, praktis anda harus mengganti monitor anda dengan yang baru
Solusinya tidak ada cara lain kecuali mengganti tabung katoda, tetapi umur fosfor bisa dihemat dengan mengatur brightness pada tingkat minimum dan anda bisa memasang screen saver pada layar monitor untuk mengurangi peredaran fosfor yang terlalu lama.
                Apabila gambar tampak tua dengan warna biru atau muncul warna kekuning-kuningan, masalahnya adalah sirkuit drive video jalur warna biru rusak.Solusinya sama seperti problem sebelumnya, anda bisa menempuh cara yang sama untuk memeriksa sumber kerusakan. Sebelumnya, kita harus memastikan bahwa setting warna pada monitor berada pada posisi normal.
Solusinya pastikan terlebih dahulu bahwa CPU dan video card bekerja baik. Setelah itu, periksa monitor yang rusak lalu cobalah menyalakan brightness dan contrastnya. Mulailah dengan memeriksa sinyal sinkronisasi vertikal dan horizontalnya. Bila tidak ada sinyal, tidak akan muncul raster. Bila sinyal ada, kemungkinan besar masalahnya ada pada sirkuit pengatur voltase tinggi atau drive horizontal tidak bekerja dengan mengatasinya dengan baik. Jika salah satu output dari power supply bermasalah.
Pemeriksaan
Keterangan
Penyebab
Monitor tidak menyala
Solusi
Mengecek kabel monitor yang terhubung ke computer
Penyebab
Harddisk tidak terbaca
Solusi
Periksa kabel data pada harddisk jika tidak terpasang dengan benar lakukan pemasangan kembali, dan jika kabel data nya sudah rusak maka lakukanlah penggantian kabel data
Penyebab
File terinfeksi virus
Solusi
Melakukan scaning dengan anti virus yang update
Penyebab
Printer tidak bisa mencetak
Solusi
Periksa tinta pada priter, apabila habis maka lakukanlah pengisian ulang.dan apabila tinta penuh tetapi tidak bisa mencetak maka bersihkanlah cartridge pada printer dan jika cartridge sudah rusak maka lakukanlah penggantian cartridge.
Penyebab
System komputer mengalami hang
Solusi
Merepaire system operasi dengan menggunakan CD windows



Bab ini berisi sejarah perusahaan tersebut, serta maksud dan tujuan perusahaan tersebut, yang terlampir dalam laporan PKL ini.
Bab ini berisi troubleshooting komputer serta pemeliharaan sebagai teori penunjang dalam penjelasan hasil kerja praktek.
Bab ini berisi deskripsi praktek yang dikerjakan, posisi PKL di perusahaan tersebut dan pengamatan hasil praktek kerja yang terangkum dalam penulisan laporan PKL ini.
Bab ini berisi kesimpulan dan dari hasil praktek kerja di perusahaan CV.APA AJA BOLEH.


BAB II  
PROFIL PERUSAHAAN
2.1              SEJARAH PERUSAHAAN
2.3              STRUKTUR ORGANISASI CV. APA AJA BOLEH
(Isi dibawah dengn struktur organisasi perushaan tempat anda PKL)
BAB III
3.1   LANDASAN TEORI
Troubleshooting komputer merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk menganalisa gejala yang didapat dari masalah system baik secara softwere maupun hardwere dan melakukan tindakan atas masalah yang ditimbulkan dari kelainan system tersebut. Komputer merupakan suatu alat bantu yang tergolong penting saat ini, kita anbil salah satu contoh pada kegiatan perkantoran, tentunya dengan ada nya komputer maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Sebagai pengguna atau pemakai komputer tentunya kita juga pernah mengalami masalah dengan komputer.
Hal tersebut dapat diakibatkan ada nya ketidak sesuaian dari komponen dasar komputer itu sendiri yang biasanya berkaitan dengan softwere(perangkat lunak atau aplikasi), hardwere (perangkat keras) atau brainwere(si pemakai komputer). Teknik dalam troubleshooting terdapat dua macam teknik dalam mendeteksi permasalahan dalam komputer, yaitu teknik forward dan teknik backward. Yaitu :
1.      Teknik Forward
Teknik ini segala macam permasalahan dideteksi semenjak awal komputer dirakit dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang-orang dealer komputer yang sering melakukan perakitan komputer. Pada teknik ini hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer di aliri listrik.
2.      Teknik Backward
Hampir sama dengan teknik sebelumnya, teknik backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan ( di aliri listrik ).
               Dalam melakukan troubleshooting komputer ada beberapa tahapan pemeriksaan yang harus diperhatikan yaitu :
3.      Pemeriksaan bunyi
Pemeriksaan bunyi merupakan komponen dengan mendengarkan bunyi-bunyi yang dapat memberikan arti akan kondisi komputer. Bunyi-bunyi kondisi komputer dapat dilihat dari tabel berikut :

Table 1 : pemeriksaan bunyi.

4.      Pemeriksaan kondisi
Pemeriksaan ini memerlukan interaksi yang lebih khusus misalkan menyentuh chip untuk merasakan suhu chip tersebut.
Contoh:  pada komponen chip di mainboard memiliki standar tingkat suhu yang sudah di atur oleh produsen jika suhu pada chip tidak berjalan dengan normal hal ini perlu pemeriksaan kondisi chip. Bisa digunakan alat ukur atau dengan menyentuh chip.
5.      Pemeriksaan visual
Pemeriksaan beberapa masalah yang dapat langsung di tangkap oleh pandangan mata.
Contoh:  adanya system yang eror misalkan pesan eror seperti “disk failur” yang akan tampil di monitor saat disk mengalami masalah. Inilah yang disebut pemeriksaan visual.
Berikut ini adalah rangkuman permasalahan yang sering terjadi pada komputer, serta langkah untuk mengatasinya yaitu:
Kerusakan CD/DVD/ROM/RW & Floppy Disk
Gejala:
Jenis kerusakan yang biasa ditemui:
1.      Tidak terdeteksi di windows
2.      Tidak bisa keluar masuk CD
3.      Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
4.      Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)
2.Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3. Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
4. Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud (langkah-langkah diatas secara lengkap dapat anda temukan di e-book “Metode perbaikan komputer cepat dan akurat” dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi member perbaikankomputer.com.

Masalah BIOS
Solusi:  
Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.
Gejala:
Solusi:
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.
[AMI BIOS] Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.
Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang. Solusi : Segera Ganti Batrey nyaGejala : CPU yang sering Hang?
Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil…..sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut
Gejala:
Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector.
3.1.1 POWER LED
A. Power Led Tidak Menyala dan Kipas Power Supply Tidak Menyala
Jika lampu power led tidak menyala dan kipas pendingin power supply tidak menyala kecurigaan pertama tentu harus dialamatkan pada sumber listrik itu sendiri. Kadangkala, listrik yang bervoltase terlalu rendah juga membuat PC diam seribu bahasa ketika diberikan daya padanya.
Apabila komputer memiliki masalah seperti itu, cara mengatasinya adalah : Pastikan bahwa tersedia suplai listrik dari jala-jala listrik. Gunakan multimeter atau test pen untuk menguji ketersediaan suplai listrik di tempat colokan. Sementara, tegangan yang terlampau rendah hanya bisa diatasi dengan memasang UPS atau stabilizer. Bila listrik normal, periksa seluruh jalur kabel yang menghubungkan power supply pada PC ke jala listrik. Untuk amannya, bila PC anda ada di rumah, nyalakan komputer pada waktu siang hari ketika voltase jaringan listrik belum berada pada beban puncak. Beban puncak listrik menyebabkan voltase turun, dan ini biasanya terjadi pada waktu sore atau malam hari. Untuk memeriksa power supply lewat cara praktis, anda bisa menghubungpendekkan jalur kabel pada power supply lewat lubang diujung kabel menggunakan kawat pendek. Atau anda juga dapat menggunakan multimeter.
B. Power Led Tidak Menyala, Kipas Power Supply Berputar, Tetapi Sistem Tidak Hidup.
Jika lampu power tidak menyala, kipas pendingin power supply berputar, sedangkan sistem tidak mau menyala, maka ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama power suplai tegangan listrik dari rumah anda terlampau rendah, atau kemungkinan kedua, terjadi kerusakan pada output power supply yang ada pada CPU anda.Apabila masalah tersebut terjadi pada komputer, maka pastikan terlebih dahulu bahwa suplai tegangan cukup. Tegangan yang terlalu kecil akan membuat power suplai tidak dapat berfungsi normal. Gunakan voltmeter untuk mengukur tegangan output yang keluar dari power suplai. Biasanya, tegangan output yang keluar dari power suplai berukutan +5 volt. Bila sinyal voltase tidak terdeteksi atau terlampau lemah, kemungkinan kerusakan ada padapowersuplai.Ganti powersuplai di CPU anda.
Jika lampu power menyala, sedangkan tidak ada aktivitas sistem yang terdeteksi maka kemungkinan terbesar output voltase yang disediakan power supply ke motherboard dan komponen lainnya terlampau rendah. Sinyal voltase DC harus terdeteksi pada setiap kabel yang terhubung pada komponen seperti motherboard, harddisk, floppy, dan peranti lainnya. Kemungkinan lainnya, terdapat hubungan pendek pada salah satu atau beberapa komponen.
Apabila masalah tersebut terjadi pada komputer, tindakan yang harus dilakukan adalah periksa terlebih dahulu output voltase. Bila ini beres, lakukan pemeriksaan pada heatsing fan dan prosessor pada soketnya. Pastikan bahwa heatsing fan sudah tercolok ke salah satu sumber daya listrik dari motherboard.
 Pastikan pula bahwa processor sudah duduk dengan tepat dan terkunci rapat. Setelah itu anda perlu memeriksa semua card-card yang terpasang dan semua komponen yang terhubung dengan power supply. Bila terdapat card yang tidak tertancap dengan sempurna, posisi semacam ini dapat membuat hubungan pendek dan membuat sistem tidak menyala. Pastikan pula bahwa pada motherboard tidak terdapat gangguan yang membuat sirkuitnya terganggu. Sekru, kabel, atau kotoran lain yang melekat pada motherboard dapat menyebabkan terjadinya hubungan pendek. Sekerup-sekerup pengunci yang menghubungkan motherboard dengan casing juga bisa menyebabkan hubungan pendek sehingga komputer pingsan tak mau bekerja. Gunakan plastik pelindung atau bahan lain yang bersifat isolator untuk menghindari hubungan pendek ini. Bila tetap tidak menyala, cobalah merangkai komponen diluar casing dan jalankan sistem diluar casing.

D. Power Led Menyala, Tetapi Terdengar Dua Kali atau Lebih Bunyi "Beep".
E.  Power Led Menyala, Tetapi Muncul Bunyi "Beep" Terus Menerus.
Jika lampu power menyala, tetapi terdengar bunyi "beep" terus menerus, maka masalah yang terjadi adalah tidak ada sistem memori (RAM) di dalam PC.
F.  Power Led Menyala, Komponen IDE Tidak Terdeteksi.
Jika lampu power menyala, tetapi komponen IDE tidak terdeteksi setelah melakukan POST maka masalahnya adalah kemungkinan kabel atau listrik yang menyuplai periferal IDE seperti harddisk dan CD/DVD drive bermasalah. Kemungkinan masalah yang lain, periferalnya sendiri yang bermasalah.
Apabila masalah tersebut yang terjadi maka solusinya adalah periksa supply listrik dan kabel yang terhubung ke periferal. Sebelumnya pastikan dulu setting BIOS pada PC sudah diatur. Bila kesulitan mengatur setting BIOS, buatlah setting BIOS untuk pengturan ini bersifat auto detect dan masukkan setting pada posisi default. Periksa apakah kabel yang terhubung ke periferal sudah terpasang dengan tepat. Bila tetap tidak terdeteksi, masalah kemungkinan terletak pada harddisk atau CD/DVD drive yang terpasang.
3.1.2 SISTEM POWER
Sistem Power Normal, Tetapi Tidak Muncul Apapun di Layar Monitor. Jika Sistem power bekerja normal dan POST berjalan baik, tapi tidak muncul tampilan apapun di layar monitor, maka masalahnya ada dua kemungkinan, apakah dari monitornya sendiri atau dari Video Card pada CPU.
Dan solusi untuk masalah tersebut adalah periksa terlebih dahulu monitornya. bila masih berfungsi baik, alihkan perhatian anda pada video card. Kemungkinan, bila proses ini terjadi, video card anda mengalami gangguan atau rusak sama sekali. Ganti video card anda.
1.      Masalah Ketika Sistem Hendak Masuk ke Windows
            Jika sistem power menyala POST bekerja, tetapi bermasalah ketika sistem hendak masuk ke windows, maka kemungkinan masalahnya terletak pada sistem operasinya sendiri, entah mengalami crash atau mengalami perubahan setting. Kemungkinan lainnya, masalah bersumber dari aplikasi software yang sudah terpasang di dalam harddisk.Dan solusinya apabila komputer mengalami masalah tersebut adalah cek Windows ulang apakah sistem operasi sudah terinstal dengan sempurna atau belum dan bilamana tidak ada pemecahan, lakukan pemformatan ulang harddisk, penginstalan ulang sistem operasi.
2.      Selalu Masuk Pada Setting Safe Mode.
Jika sistem bekerja normal, tetapi windows selalu masuk pada setting Safe Mode, maka masalah yang terjadi adalah konflik driver, IRQ, atau resource lainnya pada PC. Kemungkinan masalah yang lain, ada aplikasi software yang saling bertubrukan.
3.1.3        HARDWARE
1.      Sistem Menginformasikan Adanya Error Pada Hardware.
Apabila setelah POST berlangsung, sistem menginformasikan adanya error pada hardware, maka masalahnya adalah kabel CPU fan terpasang pada tempat yang salah. Meskipun CPU fan menunjukan tanda berputar, beberapa motherboard mensyaratkan kabel CPU fan terpasang pada tempat yang benar. Pada motherboard terdapat beberapa tempat untuk memberi daya listrik pada CPU fan yang bentuknya sama. Tetapi bila kita amati lebih teliti pada board, ada tulisan yang menandakan, bahwa colokan tersebut berlabel CPU fan atau power fan. Kabel CPU fan harus terhubung ke colokan CPU fan, bukan power fan.
Solusinya jika masalah tersebut yang terjadi adalah periksa buku manual dan amati tulisan pada motherboard. Pastikan bahwa kabel tercolok dengan benar pada CPU fan dan bukan pada power fan.
2.      Keyboard dan Mouse Tidak Terdeteksi.
Apabila setelah POST berjalan, keyboard atau mouse tidak terdeteksi dan sistem berhenti berproses, kemungkinan masalahnya ada pada keyboard atau mouse yang tidak terpasang dengan benar. Bila keyboard tidak terpasang dengan benar atau keyboard mengalami kerusakan, setelah POST berlangsung. Biasanya di layar monitor akan muncul peringatan " No Keyboard Present" lalu sistem menjadi hang atau berhenti. Bila mouse tidak terdeteksi, sistem akan masuk ke windows, tetapi sebelumnya akan muncul peringatan berupa kotak dialog bahwa tidak ada mouse pada sistem anda.
Maka solusinya adalah periksa kabel keyboard yang menancap pada bagian I/O di belakang casing. Periksa apakah kaki-kaki pada kabel masih lengkap atau ada yang patah. Bila memungkinkan, periksa keyboard menggunakan PC lainnya yang berfungsi normal. Lakukan prosedur yang sama untuk memeriksa mouse. Bila mouse atau keyboard tidak mengalami kerusakan, kemungkinan yang lain adalah salah satu atau kedua controller pada keyboard dan mouse mengalami kerusakan. Bila kerusakan ini yang terjadi, mau tidak mau anda haru mengakalinya, misalnya dengan menggunakan keyboard atau mouse bertipe USB.
3.      Sistem PC Lambat Saat Mengeksekusi Data.
Jika sistem PC terasa lambat dalam mengeksekusi data kemungkinan masalahnya adalah salah satu perbedaan antara motherboard baru dengan motherboard lama adalah pada kabel yang difungsikan sebagai lalu lintas data. Pada motherboard lama, kabel IDE 1 untuk harddisk dan kabel IDE 2 untuk CD-ROM bentuk dan jenisnya sama, sehingga dapat saling dipertukarkan. Beberapa PC bahkan menggunakan satu kabel untuk dua jenis periferal ini. Pada motherboard baru, kabel harddisk yang disertakan sudah mengikuti kemampuan harddisk terbaru yang mendukung ultra ATA-66 ataupun ATA-100, sehingga kabel harddisk hanya ditujukan untuk menghubungkan harddisk ke motherboard, bukan untuk menyambungkan D-ROM ke motherboard. Apabila kabel ini digabung, maka kemampuan transfer data akan mengikuti kecepatan terendah yang dibaca.
Maka solusinya adalah periksa jalur kaber IDE 1 dan IDE 2 sesuai dengan buku manual dan pastikan bahwa sistem pengkabelannya sudah terpasang dengan benar.
4.      Lampu-Lampu Pada Front Panel Casing Tidak Menyala Sebagaimana Mestinya.
 Apabila Lampu-lampu pada front panel casing tidak menyala sebagaimana mestinya maka masalahnya adalah terletak pada kesalahan posisi kabel-kabel front panel casing yang terhubung ke motherboard.Dan solusinya adalah periksa kabel yang terpasang sesuai dengan buku manual disertakan pada motherboard. Bila lampu IDE LED menyala, kemungkinan pemasangan kebelnya tebalik. Demikian pula dengan lampu-lampu indikator yang lain. Salah satu cara yang paling gampang untuk memasang kabel ini adalah memanfaatkan warna-warna kabel yang ada pada front panel casing. Biasanya, kabel berwarna-warni (hijau, merah, oranye, biru, dan sebagainya, tergantung dari merek casing) adalah kabel yang terhubung dengan listrik positif, sedangkan kabel berwarna hitam atau putih terhubung ke ground atau ke posisi negatif.
5.      Kipas Power Supply Tidak Mau Berputar.
Apabila kipas power supply tidak mau berputar, maka masalahnya adalah terlalu banyak debu menyelimuti kipas, sehingga mengganggu putaran kipas. Listrik tidak cukup kuat untuk menggerakkan kotoran. Dan tindakan yang harus diambil adalah bersihkan kipas dari debu yang menempel
6.      Power Supply Tidak Memberikan Daya Listrik.
Jika power supply tidak memberikan daya listrik, maka masalahny adalah sekering putus atau ada komponen yang terbakar Maka solusinya adalah ganti sekering dengan sekering yang sesuai. Hati-hati melakukan penggantian, karena biasanya sekering dipasang mati, dan untuk melepasnya harus menggunakan solder.
7.      Kabel Power IDE Kurang.
Apabila kabel power IDE kurang, masalahnya adalah anda menggunakan terlalu banyak komponen, sehingga kabel yang disediakan oleh power supply kurang. Misalnya, anda menggunakan dua harddisk, satu CD-ROM, satu DVD-RW, dan satu buah mobile rack harddisk.Dan solusinya belilah satu buah kabel Y, yang berfungsi untuk mengadakan sebuah colokan kabel power. Biasanya, kabel Y yang tersedia adalah kabel untuk periferal IDE.
8.      Penutup Casing Tidak Bisa Tertutup Sempurna.
Jika penutup casing  tidak bisa tertutup sempurna, masalahnya  adalah ada kait pengunci yang bengkok atau penutupnya sendiri yang bengkok.Dan solusinya  adalah luruskan kait-kait atau pelat-pelat pengunci yang sudah bengkok.Jangan menutup casing secara paksa. Bengkok biasanya terjasi ketika penutup casing dipasang secara tidak sempurna atau dipaksakan pada kerangka casing.
9.      Penutup Casing Nyetrum.
Jika penutup casing nyetrum, masalahnya terdapat kebocoran arus listrik dari powersupply.Solusinya gunakan kabel untuk menghubungkan bodi casing dengan ground (tanah atau dinding).
10.  Lampu Indikator di Panel Depan Tidak Menyala.
Jika lampu indikator di panel depan tidak menyala, masalahnya adalah lampu indikator mati atau salah memasang kabel indikator yang tersambung ke motherboard.
11.  Suhu di Dalam Casing Terlampau Tinggi.
Apabila suhu didalam casing terlampau tinggi, masalahnya ada pada sirkulasi udara tidak baik, kipas-kipas tidak bekerja normal atau bahkan mati.
12.  Panel Depan Casing Tidak Terkunci Sempurna.
Jika panel depan casing tidak terkunci sempurna, masalahnya pengunci panel tidak didesain dengan baik. Solusinya tambahkan pengganjal pada kenop pengunci, dengan menggunakan kain atau lem. Bila panel bernbentuk sekerup, gunakan sekerup yang pas dan kunci rapat-rapat.
13.  Tombol Power Susah Dioperasikan.
Apabila tombol power susah dioperasikan, masalahnya konektor atau switch power pada panel depan tidak terhubung ke switch di dalam kerangka casing.
14.  Tombol Power Tidak Bisa Kembali ke Posisi Semula.
Jika tombol power tidak bisa kembali ke posisi semula, maasalahnya pegas switch power sudah lemah atau tidak duduk sempurna. Solusinya ganti dengan yang baru, atau pegas sedikit diregangkan. Bila tombol tidak duduk secara sempurna, periksa semua dudukan dan posisikan secara pas. Jika gambar tidak muncul, masalahnya tidak ada sinyal gambar yang dimunculkan ke monitor. Solusinya periksa sinyal video yang terdapat pada board video adapter CRT, karena komponen ini kemungkinan rusak atau terbakar.
15.  Kabel Heater Pada CRT Terbuka.
Setiap kali CRT dinyalakan, heater akan bekerja. Ketika CRT dimatikan, heater juga ikutan jadi dingin. Perubahan panas yang berulang-ulang dan dalam waktu lama akan membuat heater menjadi terbuka dan panas merembes keluar dari kabel ini.
16.  Katoda Terhubung Dengan Control Grid
Katoda adalah bahan yang terbuat dari logam tidak tahan korosi, sehingga memungkinkan terhubung dengan control grid. Apabila hal ini terjadi, control grid akan kehilangan efektivitaasnya, dan akan berakibatkan warna yang muncul menjadi soak alias pudar.Pada umumnya, gejala ini seringkali muncul.Solusinya bila sudah terjadi kontak, tidak ada yang mungkin bisa dilakukan. Yang paling baik adalah mencegah terjadinya kontak antara katoda dan control grid, dengan memberikan pembatas antara control grid dengan seluruh katoda.
17.  Satu atau Lebih Warna Tampak Lemah.
Jika satu atau lebih warna tampak lemah, maka masalah ini pada umumnya terjadi karena pada katoda terbentuk lapisan ionik yang menghambat pelepasan elektronmenuju layar. Gejala semacam ini membuat katoda menjadi kurang efektif dalam menembakkan elektron, yang mengakibatkan lemahnya warna pada layar monitor. Gejala ini akan terlihat di mana salah satu warna yang dihasilkan di layar monitor tampak lebih lemah.
Solusinya periksa drive board video CRT anda, apakah ikatan solder pada salah satu tabungnya kendor atau lepas. Solder ikatannya. Bila gambar sudah terlampau buram, satu-satunya kemungkinan adalah mengganti tabungnya. Namun, biasanya kerusakan semacam ini hanya terjadi setelah penggunaan dalam waktu lama.
18.  Fosfor Pada Tabung Katoda Tampak Kusam.
Fosfor merupakan senyawa kimia yang akan memunculkan warna tertentu ketika terkena sinar elektron berenergi tinggi. Pada monitor lama, kita seringkali menjumpai gambar yang tampak kuyu, dengan kontras warna yang bisa diatur maksimal.
19.  Control Grid Pada CRT Terbuka.
Control grid digunakan untuk membatasi sinar yang dihasilkan oleh katoda, dengan memasang suatu muatan potensial pada grid. Bila control grid terbuka, akibatnya tidak ada lagi muatan potensial pada grid untuk mengontrol intensitas sinar dan sinar akan memancar dengan intensitas penuh
Solusinya, periksa apakah katoda dengan control gird heater dengan katoda terjadi hubungan pendek (short) atau tidak. Bila anda tidak menemukan hubungan pendek (diperiksa dengan menggunakan multimeter) control grid kemungkinan telah terbuka. Solusi satu-satunya tabung harus diganti.
§  Focus Grid Pada CRT Terbuka.
Oksidasi dapat membuat hubungan pendek antara katoda dengan kontrol grid atau control grid dengan screen grid. Screen grid berfungsi untuk mengarajhakan gerakan elektron menuju layar. Bila screen grid mengalamu hubungan pendek, energi elektron yang memancar ke layar akan berkurang sehingga akan mengurangi intensitas sinar yang berpendar pada fosfor dan dengan demikian akan mengurangi kecerahan gambar secara keseluruhan. Pada beberapa kasus yang parah, justru gambar tidak muncul sama sekali.Solusinya, anda dapat mengukur apakah terjadi hubungan pendek pada screen grid atau tidak, dengan menggunakan multimeter untuk mengukur voltase pada grid tersebut. Biasanya grid memiliki voltase antara 250 sampai dengan 750 volt pada situasi normal. Bila voltase terlampau rendah, matika monitor lalu lepaskan drive board video yang ada di leher tabung kemudian restart monitor dan ukur kembali voltasenya. Bila voltase screen grid kembali normal bisa dipastikan bahwa screen grid mengalami hubungan pendek.Bila voltase tetap rendah, kita boleh curiga terjadi kerusakan pada sirkuit yg mengatur voltase pada screen.
20.  Gambar Tampak Merah atau Biru Kehijauan.
Apabila gambar tampak merah atau biru kehijauan (mendekati cyan), masalahnya adalah terdapat problem pada sirkuit video untuk jalur merah.Solusinya, pastikan sebelumnya bahwa kontrol setting monitor berada pada kondisi normal. Bila control warna diset pada kondisi baik sementara warna kemerahan tidak juga hilangh, periksalah sirkuit drive video yang tersambung dengan warna merh. Kita memerluan osiloscope untuk melacak sinyal video input dan video output. Bila tidk terdapat sinyal video merah pada amplifier input, periksa sambungan antara monitor dengan board video adapter.
Bila koneksi baik, cobalah gunakan monitor lain yang bekerja baik. Bila problem tetap terjadi pada monitor tersebut, gantilah board video adapter pada monitor yang rusak. Kita dapat membandingkan karakteristik sinyal antara monitor yang rusak dengan monitor yang baik lalu menarik kesimpulan, dimana letak masalahnya. Bila anda tidak memiliki alat semacam osiloskop dan tidak terlalu ingin ribet, langsung saja ganti seluruh board video adapternya.
21.              Gambar Tampak Tua Dengan Warna Biru atau Muncul Warna Kekuning-kuningan.
22.  Gambar Tampak Tua Kehijauan atau Merah Kebiruan.
Jika gambar tampak tua kehijauan atau merah kebiruan (mendekati magenta), masalahnya adalah sirkuit drive jalur warna hijau rusak. Solusinya sama seperti problem sebelumnya, anda bisa menempuh cara yang sama untuk memeriksa sumber kerusakan. Untuk ketiga masaah terakhir, bilamana sinyal video yang diukur bekerja dengan baik, tetapi tetap muncul masalah yang sama, curigai kerusakan pada CRT itu sendiri. Kemungkinan, katoda atau kontrol gridnya yang rusak. Bila anda memiliki alat untuk mengetes CRT, periksa tabungnya apakah masih baik atau memang sudah soak. Bila hasilnya buruk, mau tidak mau anda harus mengganti tabungnya.
23.   Garis Horizontal atau Vertikal Muncul di Tengah Layar.
Apabila garis horizontal atau vertikal muncul di tengah layar, masalahnya terjadi kerusakan pada sirkuit drive horizontal atau vertikal.Solusi untuk praktisnya, anda mengganti board monitor utama. Bila anda sedikit mau bersusah payah, anda perlu untuk memeriksa sirkuit yang menghasilkan sapuan vertikal pada board. Periksa apakah semua kabel terhubung dengan baik. Kadangkala, kerusakan ini disebabkan oleh kabel-kabel yang kendor akibat panas yang berlebihan di dalam sistem monitor.
24.  Gambar Hanya Muncul di Bagian Atas atau Bawah Monitor.
Apabila gambar hanya muncul di bagian atas atau bawah monitor, kemungkinan besar masalahnya ada pada amplifier vertical Solusinya, gunakan osiloskop untuk memeriksa amplifier ini. Bila tidak ada alat tersebut, ganti board utama monitor, lalu ketika gambar sudah tersimpan kembali, pastikan untuk memeriksa linearitas vertikal monitor.
25.  Tidak Ada Gambar Maupun Raster.
Apabila tidak ada gambar maupun raster, masalahnya adalah sambungan kabel monitor ke CPU dan video card tidak berfungsi benar, atau sirkuit dalam monitor rusak.

BAB IV
HASIL PRAKTEK KERJA
4.1       DESKRIPSI PRAKTEK YANG DIKERJAKAN
Adapun deskripsi tugas-tugas yang di kerjakan selama PKL di Perusahaan CV. APA AJA BOLEH antara lain :
§  Troubleshooting komputer
Selama pelaksanaan PKL di Perusahaan CV. APA AJA BOLEH penulis mendapatkan tugas troubleshooting komputer, tugas-tugas tersebut dapat dilihat pada table berikut :
Tabel 2 : Tugas PKL troubleshooting komputer Selain mendapatkan tugas dalam troubleshooting komputer penulis juga mendapatkan tugas-tugas dalam perawatan rutin komputer yaitu dengan mendisk cleanup (memformat ulang)  dan mendisk defragmenter  komputer secara rutin.
Mendisk defragmenter harddisk adalah salah satu kegiatan maintenance komputer dalam hal ini 
me-maintenance isi harddisk menggunakan suatu software yang disebut dengan software disk 
defragmenter Adapun  cara merawat CPU (Central Processing Unit ) komputer agar bisa terawat 
dengan baik :


Gambar 2.CPU ( Central Processing Unit ) Komputer
1.      Gunakanlah Stabilizer agar Dapat mencegah Mainboard dan perangkat keras rusak akibat arus listrik Tidak Stabil Dan kami sarankan anda menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) Karena apa? Karena UPS dapat menyimpan listrik saat listrik Padam sehingga anda dapat mematikan komputer dengan benar.
                                
  

Gambar 3. Stabilizer


                                      
Gambar 4. Motherboard

2.      Matikan komputer dengan benar karena komputer beda dengan alat Eletronik lainnya Komputer harus dimatikan dengan benar agar HardDisk tidak rusak karena listik di HardDisk Tiba-tiba padam. Cara Mematikan beragam tenggantung versi dan sistem operasi yang anda gunakan.
                   
Gambar 5. HardDisk

3.      Cara mematikan komputer dengan benar sebenarnya mudah tapi banyak Awam mematikan komputer dengan cara mencabut kabel listrik ataupun mematikan langsung pencet tombol off bagi komputer lama.Caranya ini ada di Sistem Operasi Windows begini caranya.
*  Windows 95,98,2000,ME.





Gambar 6 . Cara mematikan windows 9X

Untuk windows 9X caranya mudah, yaitu:
Tekan Start>Shut Down>pilih pilihan Shut Down>OK
Tanda Windows tersebut sudah mati untuk komputer versi lama Akan Ada tulisan Berikut yang bertanda komputer telah dimatikan dengan prosedur yang benar.Tulisan Itu Adalah:It’s Now Safe to Turn off Your computer
  Windows XP Khusus Welcome Screen

          

Gambar 7 .  Cara mematikan Windows XP
Untuk Windows XP Tampilan Welcome Screen Caranya Sangat mudah yaitu.Tekan Start>Turn Off Computer>Pilih Turn Off
Bila Anda menggunakan Komputer versi lama Biasanya setelah mati akan muncul tulisan berikut: It’s Now Safe to Turn off Your Computer
  Windows XP Khusus Classic Logon Prompt
Untuk yang jenis ini sama dengan yang ada di Windows 9X Cuma tampilannya saja yang beda begini caranya.Tekan Start>Shut Down>Dipilihan itu Pilih Shut Down>OK. Bila Anda menggunakan Komputer versi lama Biasanya setelah mati akan muncul tulisan berikut: It’s Now Safe to Turn off Your Computer.
·         Bersikanlah CPU Menggunakan Dust blower ataupun Vacum Cleaner mini yang bertekanan Sedang setiap 1 Tahun Sekali Bila Komputer anda gunakan sudah tua kami sarankan untuk menggunakan Dust Blower karena bila anda menggunakan Vacume Cleaner mungkin nanti beberapa komponen seperti capasitor akan Tercabut bila dikomputer tua.
·         Selalu mengupdate driver anda karena semakin lama semakin banyak versi driver yang ada di komputer anda.
·         Pasangkan dan Updatekan anti Virus.Kami sarankan anda menggunakan anti Virus luar Negeri dan Dalam Negeri agar dapat membunuh virus Internasional dan Nasional.
·         Pasangkan Anti Malware kalau bisa banyak karena Anti Malware beda dengan Anti Virus Dan Firewall yang hanya 1 program saja tapi beda dengan anti Malware.Dan Update kan Anti Malware anda agar Database Malware di perbarui.
·         Gunakan lah Program Utilites yang bisa memperbaiki komputer anda dari masalah diakibatkan oleh Virus atau Hacker.Salah Satunya adalah TuneUp Utilites 2010.Program ini dapat memperbaiki masalah yang ada di komputer anda karena program ini dapat mencakupi 95% masalah yang ada di CPU anda.
·         Selakukan melakukan Perbaikan rutin menggunakan program TuneUp Utilites 2010 1 Minggu sekali agar komputer anda bisa lebih cepat dan lebih cekatan.
·                                 Gunakan apilikasi TuneUp turbo mode agar komputer anda lebih cekatan
·         Gunakanlah Aplikasi TuneUp 1 Click Mainternance Agar Komputer bisa bebas dari Sampah Internet memperbaiki Start Up Anda dan Bisa membersikan Sampah Registry
·         Gunakanlah TuneUp Registry Defrag Untuk merapikan Data Registry anda setelah menjalankan 1 Click Mainternance.
·                                 Gunakanlah TuneUp Drive Defrag agar Data yang ada di Hard Disk Anda
rapi dan Tersusun.
4.2        PENGAMATAN HASIL PRAKTEK KERJA
Pengalaman selama PKL di lembaga perusahaan CV. APA AJA BOLEH adalah dalam hal pemeliharaan komputer.
Di CV. APA AJA BOLEH terdapat banyak data-data yang sangat penting seperti laporan keuangan, daftar pegawai dan lain sebagainya. Oleh karena itu di butuhkan pemeliharaan komputer secara rutin untuk melindungi data-data penting yang ada di dalam komputer dari gangguan seperti virus dan lain sebagainya.
BAB V
PENUTUP
5.1        KESIMPULAN
Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) merupakan suatu syarat kelulusan jenjang D III teknik komputerUnisma. Selain itu dengan adanya Praktek Keja Lapangan   ( PKL ) maka dapat menciptakan mahasiswa yang siap kerja setelah lulus kuliah. Selain itu juga dengan adanya Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa dan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih berkembang baik dalam segi pikiran dan inisiatif untuk menentukan keputusan yang tepat dalam bekerja. Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) juga sarana untuk dapat menjalin komunikasi dengan orang lain sehingga dapat terciptanya hubungan sosial yang erat.
Troubleshooting komputer merupakan tugas yang meliputi pemeriksan kerusakan komputer, permasalahan pada system operasi, perawatan komputer dan memperbaiki komputer yang eror sehingga komputer dapat di perbaiki dan kembali ke kondisi normal.
Pembimbing PKL di  lembaga perusahaan terhadap mahasiswa yang melakukan PKL sangat terbuka sehingga dapat terciptanya kerja sama dan komunikasi yang baik antar pembimbing lembaga perusahaan dan mahasiswa yang melaksanakan PKL di lembaga pemerintahan. Ini tentunya dapat memotivasi kepercayaan diri mahasiswa PKL dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing PKL di lembaga perusahaan.

5.2        SARAN
Troubleshooting komputer sebaiknya selalu di periksa secara rutin sehingga semua perangkat komputer dapat bekerja secara optimal dan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin tersebut jika terjadi suatu kerusakan pada perangkat tersebut dapat langsung diperbaiki sehingga pekerjaan karyawantidak mengalami gangguan. Selain itu pasang juga anti virus yang update untuk melindungi data-data yang penting dari ancaman Virus.
















DAFTAR PUSTAKA


Ahmad Yani (2005). Panduan Menjadi Teknisi Komputer. Jakarta : Kawan Pustaka
http:// id.wikipedia.org/wiki/Troubleshooting



2 komentar:

  1. Informasi yang menarik dan bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang masih magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    BalasHapus